Login

 

 
 

Peta GPS: Meng-GARMINkan GPS Non-GARMIN dengan GPSGate 2.0

 artikelforum

 

Penulis: Edwin, Kamis, 01 Januari 1970 Telah dilihat: 15272x;


[navigasi.net] Peta GPS - Meng-GARMINkan GPS Non-GARMIN dengan GPSGate 2.0

Seringnya muncul pertanyaan-pertanyaan bagaimana mengaplikasikan peta yang terdapat di navnet yang notabene adalah peta yang sedianya dibuat untuk aplikasi GARMIN, tidak menutup kemungkinan untuk digunakan aplikasi lain walaupun dengan langkah-langkah tambahan untuk memodifikasi peta Navnet tersebut.

Fitur-fitur yang ada pada software GARMIN QUE maupun GARMIN MOBILE XT, memang memberikan banyak kemudahan dalam hal pembacaan peta, penandaan waypoint baru, pembuatan route, perekaman track,dll. Sehingga banyak pula orang yang ingin meng-Garminkan perangkat mobilenya supaya bisa menggunakan aplikasi diatas.

Telah banyak diulas dan dijawab di forum Navnet maupun Id-gps@yahoogroups.com tentang bagaimana cara mengaplikasikan garmin-que pada beberapa perangkat PDA. Kalau untuk Garmin-MobileXT caranya sangat mudah hanya tinggal install softwarenya berikut peta dari Navnet, hidupkan Garmin GPS 10x-nya, langsung bisa menjelajah negeri ini.

Berikut saya coba sajikan beberapa langkah mudah untuk menggandengkan Garmin Que dan sekaligus mereview GPSGate 2.0,

Bahan dasar :

1

Untuk Pocket PC/WM silahkan Download Garmin Que, tinggal pilih platform yang sesuai PDA anda di : http://www.garmin.com/support/collection.jsp?product=010-00378-00

2

Download GPSgate 2.0 di http://www.franson.com/gpsgate/

3

Peta Navnet bisa didownload di http://www.navigasi.net/goptd.php

Langkah-langkah :

1

Install aplikasi Gps gate dan Garmin que pada PDA anda.

2

Ektrak file peta navnet kemudian kompile dengan menggunakan sendmap/patch img sehingga dihasilkan file Gmapsupp.img dan copikan pada folder Garmin di PDA anda.

3

Buka menu setting pada Gpsgate, pada kolom input masukkan com port tempat gps anda terhubung. Untuk memastikannya lihat menu-setting-system-gps, pada tab hardware perhatikan posisi GPS hardware port. Misal : COM4, dan baud rate di set 4800.

4

Klik Open, Jika terdapat tulisan GPS data is coming in dan Running OK, berarti GPS telah terhubung dengan baik. Jika tidak ulangi langkah no 3 diatas.

5

Pada tab Output, tambahkan service yang diinginkan. Dalam hal ini Add output :
a. Gpsgate direct
b. Virtual Com, disetting menurut port yang kosong , Misal COM2.

6

Klik OK, pastikan icon GPS dan GPSgate tampil pada sudut kanan bawah layar utama.

7

Buka aplikasi Garmin Que, klik Menu - System Setup Interface : pada kolom Communication Port dipilih Franson COM2, OK

8

Buka Menu GPS info, jika terdapat tanda Acquiring Sateliites menandakan GPS telah terhubung dengan Garmin que, arahkan PDA anda pada langit terbuka, sehingga didapat sinyal GPS yang penuh.

9

GPS anda siap digunakan.

Menggunakan Fasilitas Tracking GPSgate.
Aplikasi GPSgate dapat digunakan untuk trace and tracking PDA/GPS anda sendiri atau rekan anda, seperti halnya pada mobile tracking, Automotive Vehicle Tracking, atau personal tracking.

Caranya cukup mudah :

1

Registrasikan diri anda pada http://online.gpsgate.com

2

Registrasikan pula teman anda atau siapa saja yang ingin anda ketahui keberadaannya.

3

Pada PDA, buka aplikasi GPSgate, pada kolom Setting Output tambahkan item GPSgate.com (send)

4

Masukkan user name + password spt yang sudah anda daftarkan sebelumnya.  Kemudian setting sesuai dengan keinginan, apakah data akan dikirim berdasarkan waktu atau jarak.

5

Aktifkan Gpsgate anda. Pada PC yang terkoneksi ke internet, login ke site http://online.gpsgate.com/, posisi anda akan terlihat pada maps.

Demikian artikel ini mudah-mudahan dapat membantu rekan-rekan untuk mencari tempat-tempat yang lebih unik lagi. 

navigasi.net 2003 - 2020