Login

 

 
 

GPS device: Mobile GMaps - aplikasi gratis GPS untuk mobile device

 artikelforum

 

Penulis: Buyung Akram, Kamis, 01 Januari 1970 Telah dilihat: 58602x; Tanggapan: 8 

 


[navigasi.net] GPS device - Mobile GMaps - aplikasi gratis GPS untuk mobile device
Gambar 1:

Aplikasi GPS nampaknya dalam waktu yang tidak berapa lama lagi akan menjadi suatu kebutuhan mendasar. Hal ini dengan semakin maraknya perangkat bergerak (mobile device) yang telah menggabungkannya sebagai satu kesatuan dari fitur utama. Selayaknya fitur kamera yang cenderung telah tersedia di ponsel-ponsel keluaran terbaru, aplikasi GPS pun perlahan mulai ada secara built-in pada berbagai jenis ponsel maupun PDA. Alat pemandu navigasi ini sepertinya akan menjadi fitur tambahan yang dibutuhkan oleh pengguna saat melakukan suatu perjalanan.

Jika ponsel anda belum tersedia piranti GPS secara built in, namun anda telah memiliki perangkat GPS secara terpisah, tidak ada salahnya anda membaca artikel berikut ini. Sayangnya penulis hanya bisa membahas sebatas perangkat GPS dan handphone yang telah dimiliki yakni GPS bluetooth (Garmin 10x) dan telepon selular Sony Ericsson K800i. Namun tidak menutup kemungkinan menggunakan merek lainnya selama memenuhi persyaratan dasar (GPS dengan NMEA protokol dan ponsel dengan fitur GPRS + mampu menjalankan aplikasi Java - J2MEE).


[navigasi.net] GPS device - Mobile GMaps - aplikasi gratis GPS untuk mobile device
Gambar 2:

Mobile GMaps atau biasa disingkat Mgmap adalah suatu aplikasi berbasis Java yang diperuntukkan untuk berkomunikasi dengan berbagai perangkat GPS guna keperluan navigasi. Aplikasi ini gratis digunakan, namun meski gratis kemampuan yang disandangnya bukan suatu yang remeh temeh. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk terkoneksi dan menggunakan peta online secara langsung dari Google Maps, Yahoo Maps, MSN Virtual Earth dan Ask.com Maps dari perangkat mobile/ponsel. Anda bisa melihat posisi dimana berada berdasarkan foto satelit (jika telah tersedia).

Foto-foto tersebut tidaklah realtime, sehingga anda tidak bisa melihat kondisi lalu lintas yang terjadi, tapi setidaknya anda tahu dibagian bumi mana saat ini berada. Jika anda berdomisili di Jakarta, Bandung, Yogya, Semarang, Surabaya dan beberapa kota besar lainnya, anda bisa melihat hingga bentuk atap rumah/bangunan saat memilih menampilkan peta dari citra Satelit Google Maps. Satu hal yang perlu diingat, meski aplikasi ini gratis namun untuk bisa menampilkan peta GPS diperlukan biaya koneksi internet yang besar tarifnya sesuai dengan harga yang telah ditetapkan oleh provider telepon selular anda.


[navigasi.net] GPS device - Mobile GMaps - aplikasi gratis GPS untuk mobile device
Gambar 3: Berbagai sumber peta online yang bisa diakses oleh aplikasi ini. Disamping itu juga disediakan fitur yang berisi informasi total data yang telah di download

Proses instalasinya cukup mudah, anda tinggal download aplikasi ini lansgung dari ponsel. Ada baiknya anda kunjungi versi WAP (http://wap.mgmaps.com/ dari situs MGMap agar lebih cepat dan bebas dari berbagai iklan/banner. Download saja versi Generic (jar) sebesar +/- 150Kbyte langsung dari ponsel. Nantinya secara otomatis aplikasi ini telah siap terpasang pada perangkat mobile anda.

Langkah selanjutnya aktifkan dahulu komunikasi antara ponsel anda dengan perangkat GPS bluetooth, setelah itu baru anda bisa menjalankan aplikasi ini. Sebuah popup akan muncul meminta konfirmasi dengan anda, apakah ponsel diijinkan untuk terkoneksi dengan internet atau tidak. Ijinkan konfirmasi tersebut sehingga anda akan langsung berada pada layar utama. Tekan tombol menu (SE: bagian bawah sebelah kiri dari layar utama) pada ponsel anda. Sebuah menu akan muncul dan langkah selanjutnya adalah memilih menu GPS (bisa juga dilakukan dengan mengetikkan secara berurutan angka 9 dan 6 pada ponsel). Pilih tipe koneksi antara ponsel dengan GPS anda yang pada artikel kali ini saya menggunakan komunikasi bluetooth. Gambar 2 menunjukkan contoh koneksi yang telah berhasil antara aplikasi MGMap dengan GPS bluetooth.


[navigasi.net] GPS device - Mobile GMaps - aplikasi gratis GPS untuk mobile device
Gambar 4: Fitur pengaturan yang tersedia untuk menghubungkan antara GPS dengan perangkat mobile

Sekarang anda telah siap bernavigasi dengan GPS. Ada baiknya anda memilih terlebih dahulu darimana peta citra satelit yang hendak ditampilkan. Saya sarankan anda mengaktifkan peta tipe Google Satellite (Gambar 3), karena saat ini hanya google yang telah menyediakan citra satelit secara lebih detil untuk beberapa wilayah di Indonesia. Kelemahan peta tipe citra satelit adalah tidak adanya penamaan objek, pemilihan peta tipe Google Maps akan menghasilkan sebuah peta yang lengkap beserta nama jalan namun sayangnya untuk wilayah Indonesia belum tersedia.

Cukup lengkap fitur yang tersedia di aplikasi MGMap. Anda bisa melakukan penandaan (mark) atas suatu lokasi dengan cukup menekan tombol 4 pada keypad ponsel anda. Mode kompas untuk memudahkan penentuan arah Utara juga disediakan. Bahkan aplikasi ini memungkinkan untuk mendownload aplikasi KMZ, yakni sebuah struktur file data yang lazim di gunakan pada Google Map/Earth untuk penandaan maupun penggambaran suatu objek peta. KMZ versi navigasi.net sendiri bisa diakses melalui situs http://www.navigasi.net/nvkmz.php

Dengan segudang kemampuan tersebut, terlepas dari biaya yang mesti dikeluarkan untuk bisa terkoneksi dengan internet, aplikasi MGMap merupakan aplikasi yang layak untuk dimiliki untuk mengetahui posisi. Sayangnya kembali ke masalah klasik, yakni peta GPS wilayah Indonesia entah kapan bisa selengkap yang dimiliki negara lain seperti US dan Eropa Barat. Nampaknya masih hal tersebut masih seperti kata pepatah, masih "panggang jauh dari api"

navigasi.net 2003 - 2020