Login

 

 
 

GPS device: Nokia Navigator 6110

 artikelforum

 

Penulis: Buyung Akram, Kamis, 01 Januari 1970 Telah dilihat: 23074x; Tanggapan: 7 

 


[navigasi.net] GPS device - Nokia Navigator 6110
Gambar 1: Nokia Navigator N6110, sebuah perangkat telekomunikasi yang dilengkapi pula dengan fitur GPSnavigasi

 Menggabungkan berbagai fitur/kemampuan dalam satu piranti nampaknya sudah menjadi trend berbagai media elektronik saat ini. Sebagai contoh di dunia telekomunikasi, sebuah telepon genggam tidak lagi hanya sebatas media untuk berkomunikasi namun juga bisa berfungsi sebagai kamera, radio, televisi, pemutar lagu, bahkan sekarang telah ditambahkan pula perangkat GPS yang erat kaitannya dengan sistem navigasi. Dengan kata lain cukup membeli sebuah telepon genggam, anda akan mendapat berbagai fitur "menakjubkan" yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Terlepas dari berbagai fitur lain yang menakjubkan, artikel saya kali ini hanya akan mencoba mengulas perangkat navigasi yang tersedia secara build in didalam sebuah perangkat mobile, Nokia Navigator 6110.

Bila anda membeli produk ini, sebuah aplikasi GPS canggih bernama Nokia Navigator telah tersedia didalamnya. Sayangnya bila anda berdomisili di Indonesia (dan juga pada beberapa negara-negara berkembang lainnya), aplikasi ini boleh dibilang "mandul" karena ketidak-tersediannya peta GPS wilayah Indonesia. GPS tanpa peta boleh dibilang ibarat makan nasi tanpa garam, anda punya piranti hebat tapi sayang sekali tidak bisa memaksimalkannya. Keterbatasan ini coba diatasi oleh pihak Nokia Indonesia dengan cara melakukan kerjasama dengan pihak-pihak yang bisa menyediakan peta wilayah Indonesia, diantaranya adalah dengan Asia Map (NAVFone) dan Solo System.  Kedua vendor peta tersebut telah bersedia membuat peta GPS untuk beberapa bagian wilayah di Indonesia.


[navigasi.net] GPS device - Nokia Navigator 6110
Gambar 2: Aplikasi GPS - Nokia Navigator yang telah tersedia didalamnya belum mendukung peta untuk wilayah Indonesia

Saat saya mencoba aplikasi AsiaMap (NavFone), peta yang ada (beberapa kota besar: Jakarta, ) boleh dibilang sudah cukup lengkap dan mendukung fitur auto routing. Sayangnya peta yang ada masih terkesan "hambar" mengingat semua tipe jalan menggunakan warna yang sama sehingga sulit menentukan secara visual mana yang jalan utama dan mana yang merupakan jalan biasa. Padahal dari demo produk Asia Map (flash application) yang menggunakan peta dari negara lain, terlihat sekali bahwa peta yang disediakannya memiliki gradasi warna yang berbeda untuk menentukan tipe jalan. Mungkin peta tersebut belum sepenuhnya selesai untuk wilayah Indonesia, mengingat produk ini hingga artikel ini ditulis memang belum diluncurkan ke pasar. Semoga saat siap diluncurkan nanti, peta yang tersedia sudah mampu mendukung secara penuh seluruh fitur-fitur yang tersedia di aplikasi Asia Map seperti layaknya peta negara lain yang lebih terdahulu siap untuk aplikasi GPS.

Bagaimana dengan peta dan aplikasi GPS buatan Solo System ? Terus terang sejak saat saya terima kira-kira akhir bulan Juni 2007, peta mereka belum siap sepenuhnya. Sebuah peta demo kecil di bagian utara Jakarta saja yang sempat saya lihat saat itu dan rasanya terlalu dini bila saya akan mengkomentarinya lebih jauh. Saat itu kabarnya, Solo System masih butuh waktu untuk menyakinkan bahwa aplikasinya benar-benar bisa jalan dengan baik di Operating System - Symbian 9.2 yang diusung oleh Nokia Navigator ini.


[navigasi.net] GPS device - Nokia Navigator 6110
Gambar 3: Asia Map (NAVFone), telah menyediakan peta untuk beberapa kota besar di Indonesia, sayang peta yang tersedia (kedua dari kanan) masih belum selengkap peta GPS negara lain (foto 2&3 hasil capture dari demo aplikasi)

Bila kebutuhan anda hanyalah sebatas marking (memberi tanda) lokasi GPS tanpa perlu aplikasi yang bisa menampilkan peta secara visual, selain ketiga aplikasi yang telah saya sebutkan diatas, handphone ini juga memiliki aplikasi siap pakai didalamnya. Aplikasi tersebut adalah "GPS Data" dan "Landmark" yang merupakan satu kesatuan untuk menandai suatu lokasi dan memberikan berbagai informasi tambahan dalam bentuk masukan (field) seperti alamat, nomor rumah, kota, propinsi,negara, kode pos, nomor telpon, url, kategori dan deskripsi singkat.


[navigasi.net] GPS device - Nokia Navigator 6110
Gambar 4: Aplikasi GPS Data dan Landmark merupakan aplikasi GPS yang telah tersedia pula di handphone ini. Sayangnya aplikasi tidak bisa menampilkan peta secara visual namun memiliki atribut POI yang cukup lengkap dan bisa dikelompokkan (grouping)

Sekarang bagaimana bila anda lebih senang berkreasi dengan membuat peta GPS sendiri ? Atau mungkin anda berencana menggunakan peta GPS yang telah tersedia dan bisa di download secara gratis di situs ini ? Tak perlu kuatir, anda bisa mendowload gratis aplikasi Garmin Mobile XT dari situs Garmin.com.. Cukup anda install aplikasi tersebut dan gunakan peta yang bisa anda download secara gratis dari situs ini. Sayangnya, GPS internal yang ada pada piranti ini tidak bisa dikenali oleh aplikasi Garmin MobileXT, jika anda mempunyai GPS bluetooth merek Garmin anda bisa langsung menggabungkannya dengan perangkat komunikasi ini. Bila tidak, pihak Garmin menyediakan firm update dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan untuk membeli sebuah GPS bluetooth Garmin (GPS10x). Dengan firm tersebut anda bisa menggunakan GPS internal yang telah tersedia di handphone Nokia ini.


[navigasi.net] GPS device - Nokia Navigator 6110
Gambar 5: Garmin MobileXT, merupakan aplikasi gratis yang lengkap dan berjalan dengan baik pada perangkat ini. Namun, diperlukan biaya tambahan apabila GPS yang telah tersedia di handphone ini bisa dideteksi oleh Garmin MobileXT

Terlepas dari fitur-fitur lain yang tersedia di handphone ini, dengan dukungan berbagai aplikasi yang bisa jalan di atasnya, handphone ini layak dipertimbangkan bagi mereka yang ingin memiliki sebuah GPS. Terlebih bagi mereka yang cenderung menyukai kepraktisan, "buy one - get many", maka dengan satu perangkat mobile ini anda telah mempunyai sebuah mobile phone, kamera, radio, mp3 player, internet browser, voice recorder, dan tentunya navigasi GPS

navigasi.net 2003 - 2020