Login

 

 
 

GPS device: TrekBuddy - aplikasi gratis GPS untuk mobile device (offline map)

 artikelforum

 

Penulis: Buyung Akram, Kamis, 01 Januari 1970 Telah dilihat: 33433x; Tanggapan: 5 

 


[navigasi.net] GPS device - TrekBuddy - aplikasi gratis GPS untuk mobile device (offline map)
Gambar 1: Aplikasi GPS Trekbuddy yang memungkinkan untuk menjalankan aplikasi GPS dengan menggunakan peta (rawmap) secara offline
Berbeda dengan aplikasi MGMaps yang menampilkan peta secara terkoneksi langsung dengan berbagai situs penyedia peta secara gratis, aplikasi GPS - Trekbuddy menggunakan peta secara offline. Dengan kata lain peta yang ditampilkan pada aplikasi ini harus telah tersedia terlebih dahulu pada perangkat mobile yang akan digunakan untuk berkomunikasi dengan perangkat GPS. Keuntungan metode ini adalah kita terbebas dari beban biaya koneksi internet via GPRS. Kita juga bisa menggunakannya diberbagai lokasi dimana sinyal handphone sudah tidak lagi tersedia. Peta yang tampil juga bisa lebih menarik saat tampil karena menggunakan peta raster yang bisa diatur bentuk tampilannya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan hasil scan peta kertas/buku yang telah banyak tersedia di toko buku dengan format yang menarik dan jelas dibaca.

Terlepas dari sisi positif tersebut, metode ini juga memiliki kelemahan yakni kita harus menyediakan sendiri peta tersebut yang itu berarti harus mempunyai peta yang telah terkalibrasi dengan baik sehingga bisa menampilkan informasi yang tepat saat digunakan. Tidak ada masalah bila anda mempunyai pengetahuan bagaimana mengkalibrasi peta, namun jika tidak, mungkin anda bisa memperlajarinya (itu bukan hal yang sulit, percayalah) atau mencarinya di "rimba belantara" internet.

Iseng, saya coba download aplikasi ini dari situs trekbuddy.net (file JAD), secara langsung dari perangkat mobile. Dan ternyata begitu selesai process download dan menghubungkannya dengan perangkat GPS bluetooth (Garmin - GPS10x), aplikasi ini telah siap digunakan dengan menampilkan peta dunia sebagai tampilan awalnya. Tentu saja hal ini adalah hal yang sia-sia, karena saya tidak akan bisa melihat pergerakan yang sedang saya lakukan saat menggunakan perangkat GPS bila menggunakan peta tersebut.

Ok, nggak ada masalah, saya putuskan untuk menggunakan saja peta "uncle google" yang telah didownload sebelumnya ke notebook. Memilih area dimana rumah saya berada dan memotongnya untuk kemudian di upload ke handphone saya, menjadikan area disekitar rumah tampil dengan jelas di layar handphone. Penasaran, akhirnya saya mencoba langsung dengan menggunakan mobil. Terlihat sekali bahwa aplikasi ini cukup cepat menampilkan posisi dimana saya berada pada layar handphone.


[navigasi.net] GPS device - TrekBuddy - aplikasi gratis GPS untuk mobile device (offline map)
Gambar 2: Aplikasi ini memungkinkan untuk menyimpan berbagai peta raster (foto). Sebagai contoh a) Peta Google Earth Citra Satelit. b) Peta Gunther skala 1:12.500 dan c) Peta Gunther skala 1:75.000

Bosan dengan peta dari uncle google, saya beralih kepada peta gunther yang versi CD. Peta tersebut saya kalibrasi terlebih dahulu untuk kemudian baru di upload ke handphone. Waahhh,. peta tersebut tampil dengan menarik dan cukup jelas terbaca. Saya jadi lebih mengenal lingkungan sekitar berdasarkan informasi yang ada di peta tersebut dibandingkan peta "uncle google" yang hanya menampilkan peta citra satelit tanpa informasi tambahan.

Secara keseluruhan aplikasi ini cukup pantas untuk dipasang di perangkat mobile anda dengan catatan perangkat tersebut telah mendukung aplikasi java (J2ME). Kendala utama pada aplikasi ini adalah tidak bisanya menampilkan track yang telah direkamnya secara langsung pada layar handphone (kelumahan serupa pada aplikasi MGMaps). Pada mode kompas memang ditampilkan tapi jauh dari apa yang saya inginkan. Tidak adanya fasilitas pembesaran skala (zoom) menyebabkan sulitnya mengetahui secara garis besar (zoom out) maupun detil (zoom in) atas peta yang ada. Namun, hal ini masih bisa di manipulasi dengan menyimpan peta dalam skala yang berbeda ke handphone anda. Saat anda ingin melakukan perubahan skala peta, anda tinggal loading peta dari folder yang berbeda.


[navigasi.net] GPS device - TrekBuddy - aplikasi gratis GPS untuk mobile device (offline map)
Gambar 3: Fitur-fitur yang tersedia,pengaturan dan struktur tempat penyimpanan file peta

Yang sedikit ribet adalah proses pemotongan peta menjadi bagian lebih kecil, mengingat kemampuan processor handphone terbatas sekali. Untunglah ada tools TB_Cutter dan TBMapper yang memungkinkan secara otomatis memotong peta yang telah terkalibrasi menjadi peta dengan ukuran yang lebih kecil. Hasil ujicoba dengan handphone SE K800i pemotongan peta menjadi berukuran 512x512 pixel tidak mengalami masalah saat dijalankan, namun ketika mencoba menjalankan di handphone SE K750 sedikit mengalami keterlambatan (lag) saat menampilkan peta. Ukuran peta yang dianjurkan adalah berada dalam dimensi 256x256 pixel. Detil proses pembuatan/pemotongan peta terkalibrasi bisa dilihat pada linuxtechs.net

navigasi.net 2003 - 2020