Login

 

 
 

Artikel: Lain-lain - Ocean Park

 

 artikelgalerilokasiforum

 


[navigasi.net] Lain-lain - Ocean Park

Telah dilihat: 8003x

Penulis

:

   Buyung Akram

Referensi

:

-

 

Lokasi

:

;Serpong;Tangerang

Koordinat GPS

:

S6.292900 - E106.669990

Ketinggian

:

41 m

Fotografer

:

Silhouette

 

 

 

 

 

Tanggapan: 0 

 

 

Galeri: 9 

 



[navigasi.net] Lain-lain - Ocean Park
Kira-kira baru dua bulan dibuka saat wahana air saya kunjungi akhir Januari 2007 lalu. Suatu hal yang saya anggap salah dikarenakan datang pada hari minggu yang tentunya wahana air Ocean Park - Bumi Serpong Damai, lagi padat-padatnya didatangi pengunjungi sehingga 'kemeriahannya' sama sekali tidak menyisakan tempat untuk bersantai/tenang sejenak. Terlebih karena terbilang baru, pepohonan yang ada di lokasi sama sekali tidak menawarkan kerindangan/keteduhan yang berarti Jadinya siapkan topi, payung atau sunblock bila ingin berwisata disiang hari.

Terlepas dari suasana 'kurang bersahabat' yang saya alami saat itu, wahana air ini memang diperuntukkan untuk bermain air saja. Lupakan niat hendak berolahraga renang secara serius karena semua kolam yang ada mempunyai kedalaman rata-rata 1,5 meter, bahkan banyak yang hanya sebatas betis orang dewasa. Berbagai permainan air menghiasi sudut kolam yang tentunya menawarkan keceriaan pada pengunjung. Sebuah ember raksasa secara periodik menumpahkan air yang ditampungnya dari sebuah pipa air yang berukuran raksasa juga. Sekelompok orang tampak jelas dengan sabar menunggu dibawah ember tersebut, menanti guyuran air. Begitu 'air bah' dari ember raksasa itu mengguyur mereka, terdengar teriakan dan cekikikan tawa disana-sini.


[navigasi.net] Lain-lain - Ocean Park

Seperti halnya wahana air Atlantis Water Adventure yang terdapat di Ancol - Jakarta, Ocean Park juga mempunyai kolam utama yang lebih luas lengkap dengan simulasi ombak buatannya. Dikarenakan simulasi ombak tidak terjadi setiap saat, tak heran bila event ini berlangsung, semua orang pada berebut dan beramai-ramai menceburkan diri ke kolam utama. Tidak perlu takut tenggelam saat berada di kolam utama, dengan kedalaman hanya sekitar 1,5 meter tentunya cukup aman bagi orang dewasa. Kalaupun masih enggan atau ragu sewa saja ban pelampung seharga 10.000 rupiah/ban dan segeralah bergabung dengan pengunjung lain di kolam utama.

Kolam utama ini terhubung dengan sungai arus yang mengitari area Ocean Park. Cukup dengan duduk tenang diatas ban pelampung maka anda akan dibawa arus mengitari tepian wahana air ini. Sayangnya padatnya pengunjung saat saya berkunjung saat itu benar-benar 'menganggu' kenyamanan untuk sekedar bermalas-malas menikmati aliran air . Sebentar-bentar pelampung saya menabrak/ditabrak pelampung atau badan orang lain, sehingga perjalanan mengitari wahana jadi lebh sering tersendat.


[navigasi.net] Lain-lain - Ocean Park

Terdapat dua papan luncur melingkar di wahana ini, ditambah dua lagi yang lurus bergelombang, masing-masing dua lajur. Untuk menikmati papan luncur ini pengunjung dilarang menggunakan sarana ban pelampung untuk meluncur. Seorang petugas akan memberi aba-aba kepada pengunjung kapan saat yang tepat untuk meluncur, tentunya hal ini bisa mencegah atau mengurangi tabrakan antar pengunjung selama dalam proses meluncur. Khusus untuk papan luncur melingkar, pengunjung yang ingin mencobanya harus mempunyai keahlian berenang mengingat saat tercebur di kolam nantinya, kolam yang ada cukup dalam sehingga berbahaya bagi mereka yang tidak bisa berenang.

Di wahana ini setiap pengunjung dikenai biaya sebesar 40.000 rupiah, ditambah lagi diharuskan membayar koin untuk menyewa ban pelampung (@ 10.000 rupiah) dan kotak penitipan. Jika ternyata nanti pengunjung tidak memanfaatkan fasilitas tersebut, bisa ditukarkan kembali dalam bentuk uang saat dipintu keluar. Saya menukarkan uang sejumlah 40.000 dengan koin, dengan perkiraan akan menyewa tempat penitipan dan dua buah ban pelampung saat didalam nanti. Namun akhirnya tidak jadi menyewa pelampung mengingat terkadang ada beberapa pelampung 'tak berpenghuni' yang tergeletak di pinggir kolam, mungkin pemiliknya telah selasai dan beranjak pulang sehingga ban yang mereka sewa dibiarkan begitu saja di tepi kolam. Tentunya suatu hal yang menguntungkan buat saya

navigasi.net 2003 - 2017