Login

 

 
 

Artikel: Pantai - Lovina

 

 artikelgalerilokasiforum

 


[navigasi.net] Pantai - Lovina

Telah dilihat: 11209x

Penulis

:

   Buyung Akram

Referensi

:

-

 

Lokasi

:

Kalibubuk;Sukasada;Buleleng

Koordinat GPS

:

S8.154193 - E115.035164

Ketinggian

:

1 m

Fotografer

:

 

 

 

 

 

Tanggapan: 0 

 

 

Galeri: 1 

 


Lokasi wisata ini terletak di pantai utara pulau Bali, berjarak +/- 20 Km ke arah barat dari kota Singaraja. Pantai Lovina terkenal akan objek wisata lumba-lumba, karena itu tak heran sebuah patung berbentuk lumba-lumba setinggi +/- 5 meter dibangun di dekat pintu masuk kawasan wisata tersebut. Suatu hal yang unik karena sedikit sekali objek-objek wisata pantai di pulau Indonesia menawarkan atraksi lumba-lumba sebagai maskot wisatanya.

Untuk melihat atraksi lumba-lumba, pengunjung diharapkan berangkat pagi-pagi sekali kira-kira selepas subuh atau pukul 6 waktu setempat. Sebaiknya transaksi penyewa-an perahu dilakukan pada sore hari sebelumnya sehingga mempunyai waktu lebih untuk memilih kapal dan melakukan penawaran. Disekitar lovina juga banyak tersedia hotel-hotel dengan tarif cukup murah saat itu, dikarenakan tragedi bom Bali beberapa bulan sebelumnya mengakibatkan pulau dewata ini sepi dari pengunjung, sehingga banyak hotel-hotel banting harga untuk menarik minat pengunjung.


[navigasi.net] Pantai - Lovina

Sekitar pukul 6 pagi, perahu yang kami tumpangipun mulai bergerak menjauhi bibir pantai. Pelan namun pasti perahu dengan motor tempel tersebut mulai bergerak menuju kelokasi dimana biasanya lumba-lumba memamerkan tariannya. Selama 15-30 menit kami menunggu sambil terus melajukan perahu, berharap-harap cemas karena lumba-lumba belum terlihat sama sekali. Suasana berubah ketika tiba-tiba guidance kami berteriak sambil menunjuk kesuatu lokasi dimana sekelompok lumba-lumba terlihat melompat ke atas permukaan air. Perahupun segera dipacu menuju lokasi tersebut, dan tampak beberapa perahu yang lain bergerak kearah yang sama. Sungguh hal yang mendebarkan karena inilah saat pertama kali penulis melihat atraksi lumba-lumba di alam bebas dari jarak yang begitu dekat. Beberapa lumba-lumba dengan santainya bersalto di udara menunjukkan atraksi yang jarang terjadi bahkan tidak ada pada lokasi wisata pantai lainnya. Otomatis para pengunjung mulai sibuk dengan "senjata" yang dibawanya, sekedar untuk meliput adegan tersebut. Kamera dan handycam pun mulai bekerja dengan keras berusaha merekam atraksi lumba-lumba yang sukar diduga dari mana akan munculnya. Atraksi menjadi lebih menarik ketika terlihat seekor lumba-lumba kecil ikut serta memamerkan kebolehannya. Terlebih lagi,  tanpa diduga-duga sekelompok lumba-lumba tiba-tiba muncul dari pinggir perahu sambil melakukan atraksi. Hampir satu jam kami menikmati atraksi tersebut, dan ketika matahari mulai meninggi, lumba-lumba itupun akhirnya menghilang.

Usai atraksi lumba-lumba tersebut, guidance membawa kami ke lokasi dimana terumbu karang bisa terlihat dengan cukup jelas dari atas perahu. Wow,.. laksana melihat akuarium raksasa terlihat jelas terumbu karang dan ikan warna-warni hilir-mudik di sekitar perahu kami. Acara menjadi lebih menyenangkan ketika guidance kami mengeluarkan remah-remah roti dari kantongnya, sehingga kamipun jadi ikut sibuk memberi makan ikan-ikan tersebut yang tampak tanpa malu-malu menyerobot remah-remah roti yang ada.

 Matahari semakin meninggi dan panas, tanda usailah sudah perjalanan wisata di pantai lovina ini. Perahupun mulai berjalan lambat bergerak menuju pantai, meninggalkan lokasi namun membawa setumpuk keceriaan dihati kami.

navigasi.net 2003 - 2017