Login

 

 
 

Artikel: Mata Air Panas - Air Panas Desa Banjar

 

 artikelgalerilokasiforum

 


[navigasi.net] Mata Air Panas - Air Panas Desa Banjar

Telah dilihat: 19720x

Penulis

:

   Ninuk.A

Referensi

:

-

 

Lokasi

:

Desa Banjar

Koordinat GPS

:

S8.210487 - E114.966949

Ketinggian

:

111 m

Fotografer

:

 

 

 

 

 

Tanggapan: 0 

 

 

Galeri: 3 

 



[navigasi.net] Mata Air Panas - Air Panas Desa Banjar
Pada awalnya saya mengira tempat ini lebih banyak dikunjungi oleh turis domestik atau malah turis lokal dari penduduk desa sekitar, tapi ternyata anggapan saya keliru. Walaupun dikelola dengan sederhana dibanding lokasi wisata lain di Bali dan tidak banyak dipublikasikan tempat ini ternyata mampu menarik wisatawan mancanegara yang tidak sedikit dan mereka tampak sangat menikmati tempat ini. Sebagian menyebutkan lokasinya ditengah pepohonan dan masih asri membuat mereka betah berendam dikolam ini.

Terletak di Desa Banjar yang tidak jauh kawasan Pemuteran dan berjarak sekitar 25km dari Singaraja air panas ini harus dilalui dengan berjalan kaki karena kendaraan hanya bisa masuk dan parkir tepat didepan tempat penjualan tiket. Lokasinya sangat rimbun, hijau dan asri memungkinkan kita untuk berjalan berlambat-lambat menikmati suasana. Sepanjang perjalanan yang berjarak kurang lebih 300m untuk bisa mencapai lokasi kolam terdapat banyak penjual toko souvenir khas Bali selain penjual makanan dan minuman.

Sumber air panasnya sendiri konon sudah ada sejak ratusan tahun lalu tapi hanya pada saat pendudukan Jepang sumber air ini dibenahi dan ditata. Sumber air dan kolamnya sendiri tidak terlalu jauh, dinaungi oleh pohon beringin dan diberi pagar untuk keselamatan. Mungkin agar tidak ada pengunjung atau anak-anak yang iseng sehingga bisa terperosok didalamnya.


[navigasi.net] Mata Air Panas - Air Panas Desa Banjar

Kolam air panasnya dibagi menjadi tiga bagian dengan tingkat ketinggian yang berbeda-beda. Di kolam pertama air panas dialirkan melalui mulut delapan pancuran naga. Air panas yang mengandung sulphur juga dialirkan ke kolam utama melalui mulut lima pancuran naga. Selain itu yang tidak kalah menjadi favorit dan kadang sampai ada yang rela antri adalah kolam ketiga dimana terdapat tiga pancuran air yang dialirkan dari ketinggian 3.5m. Tingginya pancuran membuat tubuh seperti di’pijat’ oleh air sehingga pengunjung rela berlama-lama berdiri dibawah pancuran air. Rata-rata kedalaman kolam adalah 1m, memang ini bukan kolam renang tapi lebih ke kolam pemandian untuk berendam. Hanya kolam terbesar memiliki kedalaman 1-2m.

Sebagaimana tempat pemandian air panas lain, air panas di Desa Banjar ini juga dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit kulit. Suhu airnya dirasa cukup hangat untuk pancuran air yang terletak di daerah sejuk ini. Karena lokasinya ditempat terbuka pengunjung harus memakai baju renang (swimwear), tidak diperkenankan mandi tanpa busana atau mandi dengan menggunakan sabun atau shampoo dikolam. Lokasi tempat pemandian juga menyediakan ruang ganti pakaian. Ditepi lokasi kolam juga terdapat restoran buat anda sekeluarga selepas berenang atau sekedar menunggu anak-anak bermain dikolam.

Karena hanya ada tiga kolam dan hanya satu yang paling besar, bisa dibayangkan betapa padatnya tempat ini apalabila musim liburan tiba.

navigasi.net 2003 - 2017