Login

 

 
 

Artikel: Museum - Dinosaurus

 

 artikelgalerilokasiforum

 


[navigasi.net] Museum - Dinosaurus
Patung dinosaurus yang terletak di bagain luar Museum Dinosaurus

Telah dilihat: 19898x

Penulis

:

   Buyung Akram

Referensi

:

-

 

Lokasi

:

-;Cisarua;Bogor

Koordinat GPS

:

S6.688339 - E106.959998

Ketinggian

:

953 m

Fotografer

:

Silhouette

 

 

 

 

 

Tanggapan: 0 

 

 

Galeri: 10 

 


Berawal dari perjalanan macet sepulang dari puncak, penulis iseng mampir ke Museum Dinosaurus. Lokasi museum ini kurang lebih 2,5 km dari Taman Safari Bogor arah ke Puncak. Sebelumnya, setiap kali lewat lokasi ini penulis tidak begitu memperhatikan akan keberadaanya. Semula patung-patung binatang purba yang terpajang cukup menonjol di bagian depannya, dianggap hanyalah merupakan bagian dari hiasan taman atau restoran belaka. Namun nampaknya ada baiknya untuk mencoba mencari tahu lebih jauh akan isi dari Museum Dinosaurus, toh antrian kendaraan saat balik ke Bogor dari kawasan puncak masih sangat panjang.

[navigasi.net] Museum - Dinosaurus
Patung kepala Triceraptor yang berukuran besar dan terletak didalam museum

Tiket masuk sebesar Rp. 6000/orang dikenakan untuk menikmati isi musium dinosaurus. Suasana jaman purba sudah mulai mendominasi ruangan sejak pemeblian tiket masuk, dimana tempat melakukan transaksi pembayaran berupa mulut binatang purba. Perjalanan awal dimulai dengan memasuki ruangan temaram dengan beberapa lukisan dan patung fosil dinosaurus. Kesan "seram" nampaknya sengaja ditimbulkan pada musium ini, ditambah lagi beberapa tulisan-tulisan pendukung menginformasikan seolah-olah di dalam ruangan tersebut terdapat dinosaurus yang masih hidup dan siap memangsa pengunjung. Rupanya dibeberapa bagian ruangan terdapat robot-robot yang bergerak secara otomatis menampilkan aksinya bila pengunjung tanpa sengaja mengaktifkan tombol-tombol yang tersembunyi di lantai.

Selain menampilkan patung fosil dinosaurus dan robot-robot yang "mengagetkan", museum ini juga dilengkapi dengan fosil-fosil asli telur, sebagian rangka/tulang dan gigi dinosaurus yang didatangkan langsung dari Amerika Serikat. Dari negeri sendiri (Indonesia) juga ditampilkan fosil-fosil binatang prasejarah dari tanah air yang banyak diketemukan di daerah Trinil, Sangiran, Jawa Tengah. Pemutaran film binatang-binatang purbakala dalam bentuk video juga tersedia, meskipun hanya ditayangkan dalam media televisi 14".


[navigasi.net] Museum - Dinosaurus
Fosil cakar dinosaurus yang didatangkan dari Amerika Serikat

Dibagian luar museum ini juga disediakan restoran yang nampaknya menjadi bisnis utama dari areal wisata ini. Menu-menu yang disajikan tidak luput dari tema-tema prasejarah, meskipun terkadang cukup seram, aneh dan lucu juga melihat namanya. Sebut saja dari sisi makanan menu-menu: Steak Kaki Dinosaurus, Nasi Goreng Dinosaurus, Nasi Goreng Raptop dan Cah Kangkung Tyrex Perkasa, sedangkan dari sisi minuman terdapat pula menu: Juice Darah Dinosaurus, Juice Empedu Tyrex dan Juice Otak Brontosaurus. Tentunya semua nama tersebut hanya sebatas variasi nama masakan saja, sedangkan bahan-bahannya tetap menggunakan bahan-bahan umum semacam wortel (juice darah), alpukat (juice empedu), kentang, daging dan jamur.


[navigasi.net] Museum - Dinosaurus
Patung fosil Triceraptor yang terdapat dilokasi areal permainan anak-anak

Fasilitas bermain bagi anak-anak juga disediakan disini, yakni kolam dengan perahu yang bisa digunakan secara gratis, dino minigolf (Rp. 5000/jam) dan tangga jaring tali untuk ketangkasan. Patung-patung dinosaurus dengan ukuran besar juga banyak bertebaran diareal restoran ini dengan ukuran yang dibuat sama atau mendekati aslinya.

Secara keseluruhan, wahana wisata purbakala ini cukup menarik untuk dikunjungi. Terlebih bagi pengunjung pucak yang terjebak macet saat dalam perjalanan pulang, ada baiknya untuk mampir sejenak menikmati Museum Dinosaurus ini atau bersantap makan di restoran yang ada.

navigasi.net 2003 - 2014