Login

 

 
 

Kuliner

 

S7.720650 - E110.265360

Sea Food: Gubug Makan Mang Engking
Minggir, Sleman, DI Yogyakarta
Jl Godean km.16. Telp : [0274] 748 9732

Beberapa teman yang saya tanyai tentang tempat kuliner baru di Jogja tidak alpa menyebutkan Gubug Makan Mang Engking sebagai tempat yang harus saya kunjungi. Sebetulnya tempat kuliner satu ini tidak bisa dibilang baru karena menurut karyawannya gubug makan ini sudah beroperasi selama hampir 4 thn. Berlokasi di Jl Godean km.16, gubug makan ini berada ditengah-tengah kawasan Pengembangan Udang Galah Wisata Sleman. Tak heran disepanjang jalan yang dikanan kirinya masih dipenuhi sawah-sawah itu beberapa gubug makan lain juga mulai bermunculan.
Walaupun terkenal dengan Udang Galah-nya, gubug makan Mang Engking ini juga menyediakan Gurame (goreng, bakar, asam manis dan sup), Kepiting, berbagai sayuran (kangkung, karedok, sayur asam) beserta aneka sambal. Kabarnya yang spesial dari gubug makan Mang Engking ini adalah Udang Bakar Madu-nya, untuk itu saya memesan Udang Galah super yang dibakar dengan saus madu. Sekilo udang galah super harganya sekitar Rp 108.000, isinya kira-kira 14 ekor. Kalau datang untuk bersantap sendirian anda bisa meminta porsi setengah kilo saja, isinya kira-kira 7-8 ekor udang.

Ninuk.A - Jumat, 04 Mei 2007

 

Tanggapan

Ninuk.A : Re: Sea Food: Gubug Makan Mang Engking
(GMT) 00:23:44 Jumat, 04 Mei 2007)


Memang tidak salah rekomendasi beberapa kawan saya. Udang Bakar Madu-nya memang juara. Udang galah akan disajikan dengan cara ditusuk seperti sate, saus madu-nya sendiri sudah dicampur dengan saus sambal sehingga rasanya tidak melulu manis tetapi ada rasa pedasnya juga. Setelah dibakar bersama udang sausnya menjadi seperti karamel dan udang akan berwarna kuning kemerahan. Nikmat sekali. Jangan lupa memesan sambal sebagai pelengkap. Ada beberapa jenis sambal yang ditawarkan dengan harga rata-rata Rp 1.500.
Untuk setengah kilo udang galah super (plus sambal) beserta tumis kangkung dan es kelapa muda saya harus mengeluarkan dana sekitar Rp 70.000,-


Karena berada ditengah-tengah lokasi pengembangan udang galah, maka gubug/saung makan Mang Engking berada diatas tambak udang. Kalau dibandingkan dengan beberapa restauran yang juga memakai konsep gubug/saung maka penampilan Gubug Makan Mang Engking ini kurang menarik karena hanya didominasi oleh warna coklat. Tapi dibandingkan dengan gubug makan dilokasi yang sama maka Gubug Makan Mang Engking ini memang yang paling banyak menyedot penggemar kuliner di Jogja dan sekitarnya. Lucu juga mendengarkan para karyawan berbicara dengan bahasa Sunda padahal kita sedang berada ditengah-tengah dusun di Sleman.



Anda diharuskan login terlebih dahulu sebelum memberi tanggapan.
navigasi.net 2003 - 2018