Login

 

 
 

Kuliner

 

S7.773910 - E110.409280

Ayam Goreng/Bakar: Sambal Bawang Bu Santi
Depok, Sleman, DI Yogyakarta
-

Tempat makan satu ini cukup populer di kalangan anak kuliahan di Yogyakarta. Belum lama dibuka tapi sudah banyak menjaring pelanggan yang bisa dikatakan semuanya dari kalangan mahasiswa. Kalau anda datang pada jam-jam makan malam maka anda harus bersedia mengantri untuk bisa dilayani.
Yang membuat tempat ini begitu sulit untuk dilupakan adalah sambal bawang resep sang pemilik yang memang pedasnya bukan main. Biarpun sangat pedas tapi pembeli selalu bersedia untuk datang kembali.

Ninuk.A - Rabu, 25 Juli 2007

 

Tanggapan

Ninuk.A : Re: Ayam Goreng/Bakar: Sambal Bawang Bu Santi
(GMT) 01:22:02 Rabu, 25 Juli 2007)


Menempati bangunan semi permanen diatas tanah yang dulunya hanya lapangan ini anda akan melihat dari luar pintu masuknya seperti lorong gelap dan sempit, tetapi begitu tiba didalamnya baru terlihat tempat ini sebetulnya lumayan lega untuk menampung pembeli yang seakan tidak berhent. Anda bisa memilih untuk duduk diatas bangku panjang atau lesehan.
Warung makan “Sambal Bawang Bu Santi” ini menyediakan berbagai macam lauk seperti ayam bakar/goreng, ikan bakar/goreng serta menu khas lesehan seperti lele goreng/pecel lele. Begitu sampai anda akan diberi piring serta harus menyebutkan pesanan yang dikehendaki (anda cukup beruntung kalau tidak perlu mengantri). Karena pembeli sangat banyak, umumnya mereka sudah mempunyai stock lauk yang sudah dimasak (goreng atau bakar) walaupun tidak banyak. Lauk yang anda inginkan akan disajikan dalam piring dan diberi sambal secukupnya. Setelah itu anda bisa menyebutkan minuman yang dikehendaki dan dipersilahkan untuk membayar.


Ninuk.A : Re: Ayam Goreng/Bakar: Sambal Bawang Bu Santi
(GMT) 01:27:38 Rabu, 25 Juli 2007)


Loh bagaimana dengan nasi ? Ternyata nasi-nya (nasi uduk dan nasi biasa) sudah disediakan ditiap-tiap meja yang disimpan dalam tempat nasi besar dan tertutup rapat sehingga terjaga kehangatannya. Anda diperkenankan mengambil nasi sebanyak-banyaknya, tidak ada extra charge atau biaya tambahan untuk itu. Mungkin karena prinsip boleh mengambil nasi sebanyak-banyaknya itulah beberapa pembeli lantas ‘sharing’ atau berbagi dengan pembeli lain, dengan cara hanya membeli satu porsi lauk dan kemudian mengambil nasi yang dikonsumsi oleh dua orang. Tak heran hampir diseluruh dinding warung makan ini dipasang tulisan “1 porsi lauk untuk 1 orang”. Ada-ada saja ulah mahasiswa.


Ninuk.A : Re: Ayam Goreng/Bakar: Sambal Bawang Bu Santi
(GMT) 01:28:59 Rabu, 25 Juli 2007)


Kalau sambalnya sudah terkenal pedas, bagaimana dengan cita rasa masakannya sendiri ? Menurut saya ayam gorengnya garing dan gurih walaupun sedikit berminyak. Meskipun sudah disiapkan sebelumnya (tidak serta merta digoreng pada saat dipesan) ayam-nya masih hangat. Demikian juga dengan lele gorengnya yang matang sampai ke dalam dagingnya. Sambalnya sendiri hanya diberi secukupnya ketika saya memesan lauk di kasir, tapi ternyata porsi secukupnya itu juga sudah terlalu banyak buat saya, belum lagi rasa pedasnya yang bukan main.
Bagaimana dengan harga ? Jangan kuatir, karena lokasinya juga ditengah-tengah area kampus dan pusat kegiatan mahasiswa, maka harganya-pun adalah harga mahasiswa. Lengkap sudahlah alasan warung makan ini menjadi ikon kuliner wajib para mahasiswa. Jadi kalau anda memiliki selera pedas dan mencari makanan yang murah meriah, coba saja datangi tempat ini.


M461C :
(GMT) 07:34:02 Rabu, 24 September 2008)


Wah ini dia yang dicari-cari, citra rasa pedas muantaff...

BTW, kalau tidak salah di KOMPAS selain sambal bawang bu Santi, ada 1 lagi yang khusus masakan pedas deh.. (entah "selera pedas" atau apa gitu namanya) adakah yang tahu koordinatnya?

Trim's.....

yp nugro :
(GMT) 08:32:45 Rabu, 24 September 2008)


kalo bos M461C di semarang, bisa coba restoran "mbah jingkrak" dijamin jingkrak2 koordinat lupa, tapi yang pasti ada di peta navnet. selamat mencoba

Anda diharuskan login terlebih dahulu sebelum memberi tanggapan.
navigasi.net 2003 - 2018