Login

 

 
 

Kuliner

 

S7.766640 - E110.385050

Lotek/Pecel/Gado-gado: SGPC Bu Wiryo 1959
Mlati, Sleman, DI Yogyakarta
Jl Agro CT VIII, Klebengan, Yogyakarta. Telp:[0274] 51 2288

SGPC adalah singkatan dari Sego Pecel (Nasi Pecel). Nama dari rumah makan satu ini lengkapnya adalah “Warung Makan Tempo Doeloe – SGPC Bu Wiryo 1959 – Melayani di UGM sejak 1959”. Anda bisa bayangkan berapa banyak mahasiswa UGM yang sudah melahap Nasi Pecel buatan Bu Wiryo ini.
Walaupun rumah makan yang menjual Nasi Pecel sudah sangat menjamur di Yogyakarta tetapi SGPC Bu Wiryo tidak pernah sepi dari pelanggan. Buka dari jam 06.00 pagi sampai dengan jam 21.30 rumah makan sederhana yang terletak di Selokan Mataram depan Fakultas Kedokteran Hewan UGM sejak 1994 (dulu berlokasi di Timur Gedung Pusat UGM) ini memiliki menu andalan Nasi Pecel dan Nasi Sop Daging Sapi dengan resep yang sudah teruji selama puluhan tahun menangani perut-perut kelaparan para mahasiswa yang juga anak kost ini.

Ninuk.A - Rabu, 16 Mei 2007

 

Tanggapan

Ninuk.A : Re: Lotek/Pecel/Gado-gado: SGPC Bu Wiryo 1959
(GMT) 10:05:38 Rabu, 16 Mei 2007)


Jika anda penggemar Nasi Pecel, maka menu andalan ini bisa anda pesan disini lengkap dengan segala variasi-nya (telur, tahu tempe dll). Menurut para penggemar pecel, pecel disini racikannya pas antara bumbu kacang, rasa manis gula jawa dan pedas-nya cabai. Kalau mau tambahan lauk-pauk yang lain maka anda dipersilahkan memilih sendiri lauk pilihan anda yang terdiri dari telur ceplok, tahu tempe, sate telur puyuh, aneka gorengan dan lain-lain. Syaratnya anda jangan datang terlampau pagi karena tidak semua lauk sudah siap dan matang kalau anda datangnya kepagian.
Menu lain yang merupakan modifikasi dari Nasi Pecel adalah Pecel Pancasila yang maksudnya Nasi Pecel dilengkapi dengan 5 butir telur puyuh. Ada juga yang disebut dengan Pecel Keramas, yaitu pecel yang disajikan dengan kuah sop. Kalau anda memesan Nasi Pecel untuk dibawa pulang cukup mengatakan Pecel Diumel-umel yang artinya pecel dibungkus.
Saya sendiri adalah penggemar dari sop daging sapi Bu Wiryo. Kuah sop-nya bening yang berarti tidak berasal dari jerohan, tetapi gurihnya sangat terasa. Dulu irisan daging sapi-nya lebih besar dan banyak, namun sekarang sudah sedikit berkurang  Seperti halnya menu Nasi Pecel, menu sop juga memiliki beberapa variasi dengan sebutan yang tidak kalah unik. Misalnya SDSB adalah sebutan untuk Sop Daging Sapi Bayam, artinya sop daging sapi beserta nasinya akan diberi sayur bayam diatasnya. Aneh ? Tidak juga, karena ternyata rasanya sangat pas dan enak. Ada lagi yang disebut sebagai Sop tanpa Kawat, maksudnya sop tanpa soun. Sop tanpa Truk yang artinya sop tanpa daun kubis/kol. Sop Bubrah yang maksudnya seporsi sop dengan diberi tambahan bumbu kacang (pecel). Sop Pegatan, yaitu sop yang disajikan terpisah dari nasi putihnya. SBY yang artinya Sop Bayam.


Ninuk.A : Re: Lotek/Pecel/Gado-gado: SGPC Bu Wiryo 1959
(GMT) 10:06:46 Rabu, 16 Mei 2007)


Selain nama-nama unik untuk makanan, di SGPC Bu Wiryo terdapat beberapa nama unik untuk jenis minumannya, misalnya Tinto Sudho untuk air putih, Teh Kemul sebutan untuk teh hangat dan Teh Mrengut untuk Teh Kental => ada-ada saja .

Kalau anda makan seorang diri, maka seporsi Nasi Sop atau Nasi Pecel beserta teh hangat tidak akan menghabiskan lebih dari Rp 8.500,-
Hal unik lain yang terdapat di SGPC Bu Wiryo adalah adanya kelompok band akustik yang disebut sebagai SGPC Accoustic Band Plus Gedank Kepok (jawa, Gedang = pisang) yang siap menghibur anda dengan tembang-tembang Jawa mulai pukul 07.30. Dijamin anda akan terbawa ke suasana tempo doeloe dan acara makan anda tidak akan membosankan .


Boedi : Re: Lotek/Pecel/Gado-gado: SGPC Bu Wiryo 1959
(GMT) 06:05:33 Senin, 04 Juni 2007)


Wah yang ini nich langganan makan siang ku waktu masih kuliah dulu....kirain sudah nggak ada...Sewaktu ke Jogja binggung banget mencari tempat SGPC...selokan mataram yang dulu saya lewati naik motor (th 79 an ) sekarang banyak banget berubah... Oh ya supaya gampang bernostalgia tolong dong koordinat nya...Pingin ngajak anak anak makan ditempat bapaknya dulu makan, biar anak anak tahu bapaknya dulu makan dimana...wah anak anak koe tahunya makan McD Mall dll.... payah deh...
Tetapi maksih sekali atas artikel SGPC nya.
Boedi Prasetya

Boedi : Re: Lotek/Pecel/Gado-gado: SGPC Bu Wiryo 1959
(GMT) 06:08:39 Senin, 04 Juni 2007)


Wah Sorry Koordinat rupanya ada di sisi atas...gak memperhatikan...Masukin ke POI ini ke GPS dulu biar gak lupa.
Makasih

Buyung Akram : Re: Lotek/Pecel/Gado-gado: SGPC Bu Wiryo 1959
(GMT) 02:57:50 Selasa, 05 Juni 2007)


Pak Boedi,
Kalau mau lihat lokasi versi citra satelit, anda bisa ke bagian "Menu->Peta Wisata" dan selanjutnya pilih tab "Kuliner".Selajutnya Pilih Propinsi Jogya, Kabupaten Sleman (Sesuai dengan informasi lokasi yang ada di artikel kuliner ini) nantinya akan muncul SGPC dibagian objek kuliner, tinggal klik tombol Go, otomatis akan tampil peta lokasi. Pilih peta tipe Citra Satelit untuk menampilkan detil lokasinya.

Sebagai catatan, peta google biasanya bergeser beberapa puluh meter dari lokasi yang seharusnya.

Anda diharuskan login terlebih dahulu sebelum memberi tanggapan.
navigasi.net 2003 - 2018